Al-Mulk atau Kerajaan, merupakan salah satu surat favorit saya,
surat yang paling sering saya baca ketika qiyamul lail, ketimbang hafalan-hafalan surat yang lain,

begitu seringnya saya membaca surat ini,
begitu seringnya,
tapi baru malam ini, malam terakhir Ramadhan 2011
Hati ini bergetar hebat, merinding

entahlah, apakah karena suasana Ramadhan yang begitu sakral dan penuh spirit,
atau memang karena selama ini saya hanya membaca kalimat demi kalimat surat Al-Mulk hanya sebatas membaca dan tak memaknai artinya?

rasanya, tak sanggup menahan tetes demi tetes air mata yang menganak sungai,
tak sanggup menahan sesak di dada yang meluap..

Ya Rabbi,
Nikmat mana lagi kah yang aku dustakan?

"Mahasuci Allah yang menguasai segala kerajaan dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu"
Ya Allah, barangkali selama ini saya lupa, bahwa tidak ada yang kekal di dunia ini, karena semua akan kembali padamu..Namun, terkadang, betapa congkaknya manusia berjalan di muka bumi. Bangga dengan kekayaannya, bangga dengan fisik yang sempurna, bahkan bangga dengan amanah yang diembannya.Naudzubillah! Ya Allah, jauhkan saya dari perangai-perangai itu T____T

"yang menciptakan mati dan hidup, untuk menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa, Maha Pengampun"
Rabbi, bukankah telah jelas termaktub disana?Bahwa hidup ini adalah untuk beramal!!Bukan untuk menyia-nyiakan waktu dengan hal-hal yang tidak bermanfaat!Bahwa yang membedakan di antara manusia adalah amalnya. Tapi, hari ini barangkali, saya masih banyak menyia-nyiakan waktu saya. Sementara, saya tidak tahu, jikalau malaikat izrail sedang mengintai.. Ya Allah, bener-bener ngerasa belum ngapa-ngapain.
Sebut saja selama ini saya berdakwah, sebut saja selama ini saya berfastabiqul khairat, tapi prestasi apa yang telah saya torehkan untuk umat ini?Karya apa yang telah saya persembahkan untuk Islam?Rasanya tidak ada!
Rabbi, saksikan hati ini menangis pedih karena ketidakberdayaanya, dalam ber-nahi mungkar..:((
Pantaskah saya, dengan segenap kekurangan saya, dengan segenap kehinaan saya, dengan segenap dosa-dosa saya untuk bertemu dengan-Mu, Ya Allah..??

Dua ayat pertama dalam surat Al-Mulk, benar-benar memancarkan cahayanya malam ini,
malam terakhir Ramadhan 2011,
dan barangkali malam terakhir Ramadhan saya...
karena bisa jadi, saya tidak akan bertemu dengan Ramadhan berikutnya..

Ya Allah, matikanlah aku dalam ma'rifatmu, matikanlah aku dalam keadaan mengingat pada-Mu,
matikanlah aku dalam keadaan khusnul khotimah, matikanlah aku dalam pelukan-Mu..

-dengan tangis, aku bermunajat pada-Nya agar kelak dipertemukan dengan Ramadhan berikutnya-

Comments (0)